Sunday, May 27, 2018

Contoh RPP Bola Basket SMP Kurikulum 2013 semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                               : SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan          
Kelas/Semester                                   : VII / 1 (satu )
Materi Pokok                                      : Permainan Bola Besar Melalui Bolabasket
Alokasi Waktu                                    : 3 Pertemuan (9 JP)

A.     Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1             Memahami gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*)
3.1.1   Menjelaskan  konsep  gerak spesifik passing melalui permainan bola basket
3.1.2   Menjelaskan gerak konsep  gerak spesifik menggiring melalui permainan bola basket
3.1.3   Menjelaskan konsep bermain bolabasket dengan peraturan sederhana
4.1             Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1.1   mempraktikkan  konsep  gerak spesifik passing melalui permainan bola basket
4.1.2   Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik menggiring bolamelalui permianan bola basket
4.1.3   Bermain bola basket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.     Tujuan Pembelajaran:
1.    Pertemuan 1
3.1.1         Menjelaskan  konsep  gerak spesifik passing melalui permainan bolabasket
1      Menjelaskan  konsep  gerak spesifik chest pass dengan benar
2      Menjelaskan  konsep  gerak spesifik over head pass dengan benar
4.1.1         Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik passing melalui permianan bolabasket
3      Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik chest pass dengan baik
4      Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik over head pass dengan baik
5      Melakukan latihan gerak spesifik passing dengan penuh tanggung jawab dan kedisiplinan
2.    Pertemuan 2
3.1.1         Menjelaskan  konsep  gerak spesifik passing melalui permianan bolabasket
1      Menjelaskan  konsep  gerak spesifik bounce pass dengan benar
3.1.2         Menjelaskan gerak konsep  gerak spesifik menggiring melalui permainan bolabasket
2      Menjelaskan  konsep  gerak spesifik menggiring bolabasket dengan benar
4.1.1         Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik passing melalui permianan bolabasket
3      Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik bounce pass dengan baik
4.1.2         Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik menggiring bolamelalui permianan bolabasket
4      Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik menggiring bolabasket dengan baik
5      Melakukan latihan gerak spesifik passing dan menggiring bola dengan penuh tanggung jawab dan kedisiplinan
3.    Pertemuan 3
3.1.2         Menjelaskan gerak konsep  gerak spesifik menggiring melalui permainan bolabasket
1      Menjelaskan  konsep  gerak spesifik menggiring bolabasket dengan benar
3.1.3         Menjelaskan konsep bermain bolabasket dengan peraturan sederhana
2      Menjelaskan konsep bermain bolabasket menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan baik
4.1.2         Mempraktikkan  konsep  gerak spesifik menggiring bolamelalui permianan bolabasket
3      Mempraktikkan konsep  gerak spesifik menggiring bolabasket dengan baik
4.1.3         Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
4      Bermain bolabasket menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan baik dan dengan penuh tanggung jawab serta kedisiplinan

D.     Materi Pembelajaran 
Tema
:
Permainan Bolabasket
Sub Tema
:
Teknik dasar passing dan menggiring
1.      Materi Reguler
·      Konsep gerak passing dan mengontrol permainan bolabasket (Chest pass, Bounce pass, Over head pass) :
·      Konsep gerak passing/ operan berpasangan
·      Konsep gerak mengontrol/ menangkap bola berpasangan
·      Konsep gerak menggiring bolabasket :
·      Konsep menggiring bola berjalan dan atau berlari
·      Konsep menggiring bola dengan zig-zag
·      Permainan bolabasket sederhana
·      Permainan bolabasket dengan peraturan yang disederhanakan
2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan. Misalnya bola dimodifikasi, lapangan yang diperkecil ukurannya.
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitannya.

E.     Metode Pembelajaran:
1.      Pendekatan Pembelajaran  :  Saintifik
2.      Metode Pembelajaran        : Progresif dan Resiprocal

F.      Media Pembelajaran
                  1.     Media
§  Gambar potongan teknik passing, menggiring bola pada permainan bolabasket
§  Peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan melakukan gerakan pasing dan servis
                  2.     Alat dan bahan
§  Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan basket
§  Bola ± 6 buah
§  Tiang bendera /cone ± 20 buah
§  Pluit = 1 buah

G.    Sumber Belajar
1.    Kemendikbud, Buku Guru Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, Jakarta : Kemendikbud RI, 2016
2.    Kemendikbud, Buku Siswa Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/MTs Kurikulum 2013 Kelas VII, Jakarta : Kemendikbud RI, 2016 (hal 21 – 31)
3.    Buku PJOK, Erlangga KLs. VII, Roji

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran        
Pertemuan Pertama
                          a.       Pendahuluan  (15 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2 - 4 bersaf, peserta didik yang tinggi di sebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a.    Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b.    Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di pinggul dan kaki dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan betengan karena permainan betengan banyak menggunakan aktivitas kaki.
                          b.       Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
Ø Mengamati penjelasan konsepdan contoh teknik dasar passing bolabasket cara:
a)      Peserta didik dibariskan dua bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
b)     Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.

Menanya
Ø Mempertanyakan teknik dasar passing bolabasket yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Pada akhir episode penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
Mengeksplorasi
Ø Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Arena dibagi menjadi 4. Masing-masing wilayah digunakan oleh 8-10 peserta didik. Di tiap-tiap wilayah disediakan 1 bola dan 4 kon. Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk passing bolabasket.
Cara yang digunakan adalah tiap kelompok diminta melakukan 1 macam bentuk passing. Setelah diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, mereka diminta untuk mencari 1 bentuk passing bolabasket dengan cara yang lain. Cara inipun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan seterusnya hingga mereka mampu mengeplorasi sebanyak-banyaknya cara passing bolabasket. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa macam cara passing bolabasket dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke kelompok lain.
Berikut adalah bentuk passing bolabasket yang dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)      Peserta didik chest passberpasangan di tempat. 

b)      Peserta didik chest passberpasangan dengan bergerak kesisi kanan/ kiri (menyamping)
c)      Peserta didik chest passberpasangan dengan bergerak kearah depan dan passing  menyamping
d)      Peserta didik over head passberpasangan di tempat. 

e)      Peserta didik over head passberpasangan dengan bergerak kesisi kanan/ kiri (menyamping)
f)       Dilakukan pengulangan disetiap latihan

Mengasosiasi
Ø Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru. Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian gerak passing bolabasket. Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.

Lembar pengamatan passing bolabasket
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Pegangan bola




3.
Perkenaan dengan bola




4.
Sikap kaki






Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

        Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rating Skor
Kategori
Diskripsi
1
1 - 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
2 - 3
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
4 - 5
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
6 - 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Mengkomunikasikan
Ø Paparan kelompok tentang hasil temuan dan penilaian gerakan passing bolabasket
a)         Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan kelompok lain.
b)        Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)         Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)        Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru dengan penuh tanggung jawab dan kedisiplinan

                          c.       Penutup (20 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran passing bolabasket yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik passing bolabasket, kemudian guru memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas lari zig zag dengan jarak 7m sebanyak  10 kali untuk persiapan pembelajaran minggu depan yaitu materi menggiring bolabasket.
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

Pertemuan Kedua
                                   a.       Pendahuluan  (15 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yang tinggi disebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a)      Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b)      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
a)      Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan mengulang materi passing bolabasket dengan cara:
b)      Peserta didik berganti passing bolabasket di area yang sudah ditentukan. (berkelompok).

                                   b.       Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
·       Mengamati penjelasan konsepdan contoh teknik dasar passing bolabasket dan menggiring bolabasket dengan cara:
a)      Peserta  didik berbaris kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b)      Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan kontoh dari guru. Contoh bisa dari model yang dipersiapkan guru.

Menanya
·      Pada akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai  teknik dasar bounce pass dan menggiring bola yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.

Mengeksplorasi
·      Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 5 kon dan 1 bola. Kegiatannya
a)      Latihan bounce pass bolabasket(berpasangan).

b)      Melakukan latihan teknik dasar menggiring bolabasket dengan arah lurus kedepan berkelompok

c)      Melakukan latihan teknik dasar menggiring bolabasket dengan zig zag kedepan berkelompok.

Mengasosiasi
·      Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar passing bolabasket dan menggiring bola sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:

Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.

Lembar pengamatan passing bolabasket
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Pegangan bola




3.
Perkenaan dengan bola




4.
Sikap kaki





Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Lembar pengamatan menggiring bola
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Badan condong ke depan




3.
Bola selalu di depan badan




4.
Bola dipassing  secara bergantian






Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rating Skor
Kategori
Diskripsi
1
1 - 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
2 - 3
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
4 - 5
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
6 - 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi.
Mengkomunikasikan
·      Bermain
Peserta didik bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik dasar passing dan menggiring untuk memasukan bola ke keranjang lawan dengan arahan guru dan bermain bolabasketpenuh dengan tanggung jawab serta kedisiplinan
Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan selamat atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.
                                    c.       Penutup (20 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Gurumemberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta
didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

Pertemuan Ketiga
                                   a.       Pendahuluan  (15 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yang tinggi disebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a)      Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b)      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
a)      Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan mengulang materi passing dan menggiring bolabasket dengan cara:
b)      Peserta didik berganti passing dan menggiring bolabasket di area yang sudah ditentukan. (berkelompok).

                                   b.       Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
1.     Mengamati penjelasan konsepdan contoh teknik dasar menggiring bolabasket dan bermain modifikasi bolabasket dengan cara:
a)      Peserta  didik berbaris kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b)      Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan kontoh dari guru. Contoh bisa dari model yang dipersiapkan guru.
Menanya
2.    Pada akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai  teknik dasar menggiring bola dan bermain modifikasi bolabasket yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.

Mengeksplorasi
3.    Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 5 kon dan 1 bola. Kegiatannya
a)         Melakukan latihan teknik dasar menggiring bolabasket dengan satu rintangan secara berkelompok
b)        Melakukan latihan teknik dasar menggiring bolabasket sirkuit trining  secara berkelompok
c)         Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi

Mengasosiasi
4.    Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar menggiring bola sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:
Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.

Lembar pengamatan menggiring bolabasket melalui rintangan
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Badan condong ke depan




3.
Bola selalu di depan badan




4.
Bola dipassing  secara bergantian






Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….


Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rating Skor
Kategori
Diskripsi
1
1 - 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
2 - 3
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
4 - 5
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
6 - 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi.

Mengkomunikasikan
5.    Bermain
Peserta didik bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik dasar passing dan menggiring untuk memasukan bola ke keranjang lawan dengan arahan guru dan bermain bolabasketpenuh dengan tanggung jawab serta kedisiplinan
Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan selamat atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.

                                    c.       Penutup (20 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Gurumemberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta
didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

B.   Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Jenis/teknikpenilaian
a.    Penilaian kompetensi sikap spiritual dan sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung dengan tehnik observasi dalam bentuk jurnal
   Instrumen: lihat lampiran 1
b.    Penilaian kompetensi pengetahuan
Teknik Penilaian
:
Tes tulis
Bentuk Instrumen
:
Tes uraian
Kisi-kisi
:
1.  Menjelaskan konsep gerak passing bolabasket
2.  Menyebutkan macam macam passing bolabasket
3.  Menjelaskan  cara menggiring bolabasket
Instrumen: Lihat Lampiran 2

c.    Penilaian kompetensi keterampilan
                               a.  Teknik Penilaian  :  tes praktek
                              b.  Bentuk Instrumen:  rating scale(dengan lembar pengamatan)
                               c.  Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Mempraktikkan Passing bolabasket
1
  1.  
Menggiring bolabasket
2
  1.  
Bermain bolabasket
3
                                        Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 3
2.    Penilaian  remedial
Dengan pemanfaatan tutor sebaya melalui belejar kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan permainan bolabasket.
3.    Penilaian  pengayaan
Mencari artikel dari majalah atau internet tentang permainan bolabasket.

Kedungwuni,      Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran PJOK





...........................                                                                 Tri Julianto, S.Pd.
       NIP. 




Lampiran 1
Jurnal Penilaian Sikap

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran
:
PJOK
Kelas/ Semester
:
VII/ 1
Tahun Pelajaran
:
2017/ 2018

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Kejadian
Butir Sikap
(disiplin & sportif)
Keterangan
1





2





dst.






No
Butir sikap sosial
Indikator
1
Sportif
1.    Menghargai teman dan lawan
2.    Menerima kekalahan
3.    Mentaati peraturan permainan
2
Disiplin
1.    Hadir tepat waktu
2.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
3.    Mengikuti semua proses pembelajaran

Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Nama Peserta didik yang menilai           : .....................................................  
Nama Peserta didik yang dinilai             : ....................................................
Kelas/Semester                                       :…………………………………..
Hari/Tanggal Pengisian                           :…………………………………..
Tahun Pelajaran                                     :…………………………………..
Teknik/ bentuk penilaian                        : Tes Tertulis/ uraian
Kisi – Kisi                                                  
1.    Menjelaskan pengertian gerak passing bolabasket
2.    Menyebutkan macam macam passing bolabasket
3.    Menjelaskan  cara menggiring bolabasket

Instrumen Penilaian Pengetahuan Bolabasket
No
Daftar Pertanyaan
Kualitas jawaban
1
2
3
4
1.
Apa yang dimaksud passing dalam permainan bolabasket?




2.
Sebutkankan macam passing bolabasket!




3.
Jelaskan cara menggiring bolabasket!





Jumlah Skor



N =  Jumlah  Skor     :                 x100
Skor Max      :  12

Kunci Jawaban & Pensekoran
No
Jawaban
skor
1.
Memindahkan/ mengoper bola ke teman dalam satu regu dengan menggunakan teknik tertentu
4
2
a.       Chest pass
b.      Bounce pass
c.       Overhead pass
4
3
a.       Berdiri kaki melangkah rileks depan belakang, pandangan ke arah bola
b.      Langkahkan kaki depan ke arah depan
c.        Pada waktu menggiring bola  koordinasi tangan, dengan kaki
4
Jumlah skor maksimal
12

Petunjuk penilaian
1.      Skor soal 1
§ Skor 4: jika peserta didik mampu menjawab dengan benar
§ Skor 3: jika peserta didik mampu menjawab sebagian jawaban dengan benar
§ Skor 2: jika peserta didik mampu menjawab sebagian kecil jawaban dengan benar
§ Skor 1: jika peserta didik tidak mampu menjawab dengan benar
2.      Skor soal 2 dan 3
§ Skor 4: jika peserta didik mampu menjawab semua jawaban dengan benar
§ Skor 3: jika peserta didik mampu menjawab  dua jawaban dengan benar
§ Skor 2: jika peserta didik mampu menjawab satu jawaban dengan benar
§ Skor 1: jika peserta didik tidak mampu menjawab dengan benar

Lampiran 3
LEMBAR PENGAMATAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

           
Teknik Penilaian
:
Tes Praktik
Bentuk Instrumen
:
rating scale(dengan lembar pengamatan)
Kisi-kisi
:
1. Melakukan  pasing bolabasket
2. Melakukan  gerakan menggiring bolabasket

Butir soal keterampilan :
1.      Lakukan teknik dasar chest pass
2.      Lakukan teknik dasar bounce pass
3.      Lakukan teknik dasar menggiring bola

Lembar Pengamatan

No
Aspek yang dinilai
Kualitas Gerakan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Teknik dasar chest pass










2
Teknik dasar bounce pass










3
Teknik dasar menggiring bola










Jumlah  

Jumlah  Skor maksimal  :  30


Skor perolehan
Nilai :-----------------------------------  X 100
              Skor maksimal


Rubrik dan pensekoran
1        Chest pass dan bounce pass
No
Rubrik
Skor
1
1.  Berdiri kaki melangkah rileks depan belakang
2.  Letakkan bola di samping/ depan/  badan
3.  Passing bola ke arah teman dengan tepat
1.     Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.     Nilai 7 jika memenuhi 2 kriteria
3.     Nilai 4 jika memenuhi 1 kriteria
4.     Nilai 3 jika tidak memenuhi  semua kriteria


2        Menggiring
No
Rubrik
Skore
1
1.  Berdiri kaki melangkah rileks depan belakang, pandangan ke arah bola
2.  Langkahkan kaki depan ke arah depan
3.  Pada waktu menggiring bola  koordinasi tangan, dengan kaki.
1.     Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.     Nilai 7 jika memenuhi 2 kriteria
3.     Nilai 4 jika memenuhi 1 kriteria
4.     Nilai 3 jika tidak memenuhi  semua kriteria


N =  Jumlah  Skor     :                 x   100
Skor Max     :   30


No comments:

Post a Comment