Wednesday, May 30, 2018

RPP JALAN CEPAT K 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                               : SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan          
Kelas/Semester                                   : VII / 1 (satu )
Materi Pokok                                      : Aktv. Atletik melalui Jalan Cepat
Alokasi Waktu                                    : 2 Pertemuan (6 JP)

A.         Kompetensi Inti
                        1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
                        2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
                        3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
                        4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)



3.3.1   Menjelaskan pengertian jalan cepat
3.3.2   Menjelaskan teknik dasar jalan cepat
3.3.3   Menjelaskan prinsip dasar jalan cepat

4.3   Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional. *)
4.3.1   Mempraktikkanteknik dasar jalan cepat
4.3.2   Mempraktikkanprinsip dasar jalan cepat
4.3.3   Mempraktikkan lomba jalan cepat

C.         Tujuan Pembelajaran
Setelah  menyimak informasi dan peragaan dari buku dan/atau model, siswa dapat :
Pertemuan 1
3.3.1   Menjelaskan pengertian jalan cepat dengan benar
3.3.2   Menjelaskan teknik dasar jalan cepat dengan benar
4.3.1   Mempraktikkan teknik dasar jalan cepat i dengan baik
4.3.2   Mempraktikkan prinsip dasar jalan cepat dengan baik
4.3.3   Melakukan latihan jalan cepat dengan  percaya diri disiplin

Pertemuan 2
3.3.3   Menjelaskan prinsip dasar jalan cepat dengan benar
4.3.2   Mempraktikkan prinsip dasar jalan cepat dengan benar
4.3.3   Mempraktikkan lomba jalan cepat untuk memupuk nilai percaya diri dan kedisiplinan

D.         MateriPembelajaran :
Tema
:
Atletik
Sub Tema
:
Jalan Cepat
              1.     Materi Pembelajaran Reguler (lihat lampiran 1)
              2.     Materi Pembelajaran Remidial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan. Misalnya teknik dipermudah, jarak dikurangi.
              3.     Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi lari jarak pendek.

E.         Metode Pembelajaran:
1.      Pendekatan Pembelajaran  :  Saintifik
2.      Metode Pembelajaran       : Progresif, resiprocal dan latihan

F.          Media Pembelajaran
Ø      Media
Peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan melakukan prinsip jalan cepat
Ø      Alat dan bahan
a.    Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan basket/voli,
b.    Bendera start dan finish,
c.    Cone ± 10 buah,
d.    2 buah stopwatch,
e.    Pluit
G.         Sumber Belajar
1.      Kemendikbud, Buku Guru Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/MTs Kurikulum 2013, Jakarta : Kemendikbud RI, 2016
2.      Kemendikbud, Buku Siswa Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/MTs Kurikulum 2013, Jakarta : Kemendikbud RI, 2016 (hal 56 – 64)
3.      Buku PJOK, Erlangga KLs. VII, Roji

H.        Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)
a.     Ketua kelas menyiapkan peserta didik dalam barisan tiga bersap  (semua peserta didik dapat melihat guru)
b.     Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik yang ditunjuk agar dalam pembelajaran diberikan keselamatan dan kebermanfaatan.
c.     Mengecek kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
d.     Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu.
e.     Memotivasi peserta didik dengan menjelaskan manfaat aktivitas jalan untuk kebugaran jasmani, untuk membangun sikap keberanian.
f.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Mengecek kemampuan awal peserta didik dalam materi jalan cepat dengan cara menanyakannya kepada peserta didik.
g.     Melakukan pemanasan dipimpin salah seorang peserta didik dalam bentuk bermain aksi reaksi, penguluran, pelemasan, penguatan diutamakan untuk otot-otot yang akan banyak digunakan untuk melakukan jalan cepat: otot perut, otot punggung, otot lengan, persendian (sambil menjelaskan fungsi dari setiap gerakan), dalam bimbingan guru

2.    Kegiatan Inti (85 menit)
Mengamati
                                 a.         Peserta didik dikelompokkan  ke dalam  6  kelompok kecil yang terdiri dari   4-6 orang (putra/putri).
                                 b.         Tiap-tiap kelompok peserta didik mengidentifikasi gerakan jalancepat yang diamati dari modeling/ peragaan (dituangkan dalam lembar observasi) dalam waktu 10 menit:

Hal yang diamati
Gambar
Gerakan start

Teknik tumpuan

Teknik ayunan lengan

Teknik ayunan pinggang


Menanya
·         Dengan panduan guru peserta didik merumuskan pertanyaan  dari hal-hal yang ditemukan  atau ingin dan perlu diketahui agar dapat melakukan teknik jalan cepatdengan benar


Mencoba/mengumpulkan data (informasi)
·         Guru menugaskan peserta didik untuk melakukan latihan jalan cepan dengan track lurus.
·         Aktivitas gerak jalan  dengan mengangkat paha tinggi dan pendaratan kaki menggunakan tumit kaki :
a.       persiapan: berdiri menghadap arah gerakan pada garis lurus, badan tegak, kedua lengan disamping badan, kedua sikut ditekuk, jarak tempuh 10-15 meter, dilakukan berkelompok
b.      pelaksanaan : langkahkan salah satu kaki ke depan dengan paha diangkat tinggi, setelah kaki yang dilangkahkan mendarat pada tanah, langkahkan kaki berikutnya dan seterusnya hingga maju ke depan, fokus perhatian pada gerak pengangkatan paha dan ayunan lengan (kaki kanan melangkah dan paha diangkat tinggi, lengan kiri diayun ke depan dan lengan kanan diayun ke belakang), pendaratan menggunakan tumit kaki, serta badan tetap tegak.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Hasil gambar untuk jalan cepat

·      Aktivitas gerak jalan  cepat dengan langkah kaki lebar:
                                       a.            persiapan: gerakan mengayun kedepan kaki ayun kedepan lutut terlipat tungkai badan kedepan ayunan kebewah tunkai bawah ikut terayun kedepan.berdiri menghadap arah gerakkan pada garis lurus posisi melangkah, badan condong ke depan, kedua lengan di samping badan, kedua sikut ditekuk, jarak tempuh 20-30 meter, dilakukan berkelompok,
                                       b.            pelaksanaan: setelah ada abaaba “ya” lakukan jalan  cepat dengan langkah lebar, fokus perhatian pada gerak langkah kaki, pengangkatan paha,badan dan  kepala tetap vertikal.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Hasil gambar untuk jalan cepat

·      Aktivitas gerak reaksi cepat start dari posisi duduk :
a.                   persiapan : duduk kedua kaki luruske depan, kedua tangan di samping pinggul, pandangan ke depan,jarak tempuh untuk jalan cepat 10-15 meter, dilakukan berkelompok,
b.                   pelaksanaan : setelah ada aba-aba “ya” bangun dari duduk lakukan jalan cepat , fokus perhatian pada aba-aba “ya” bereksi bangun dengan cepat.
·      Aktivitas gerak reaksi cepat start dari posisi telungkup :
a.       persiapan : posisi telungkup kedua kaki lurus ke belakang, kedua tangan bertumpu di depan dada, pandangan ke depan, jarak tempuh untuk  jalan cepat  10-15 meter, dilakukan berkelompok,
b.      pelaksanaan: setelah ada aba-aba “ya” bangun dari telungkup lakukan berjalan cepat , fokus perhatian pada aba-aba “ya” bereaksi bangun dengan cepat.

Mengasosiasi/menganalisis data (informasi)
·         Setiap kelompok menemukan kesalahan yang sering dilakukan pada rangkaian gerakan jalan cepat.
·         Peserta didik dalam kelompoknya saling memperbaiki berdasarkan hasil amatan.
·         Menemukan cara untuk melakukan rangkaian gerakan  jalan cepat  dengan benar.
·         Peserta didik dalam kelompoknya dapat menemukan konsep rangkaian gerakan jalan cepat.
Mengkomunikasikan
·         Semua kelompok dikumpulkan, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan mengenai konsep rangkaian (gabungan gerakan) dengan percaya diri dan disiplin
·         Peserta didik menunjukkan sikap respek pada orang lain dengan mendengarkan secara seksama setiap ada orang lain yang berpendapat.


3.    Kegiatan Penutup (20 menit)
·         Seluruh kelompok dikumpulkan, guru mengumumkan hasil lomba jalan cepat. Dalam kegiatan ini guru mangajak peserta didik untuk memiliki  sikap menghargai kemenangan  dengan tanpa meremehkan teman yang kalah. Kemudian mengajak peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pelaksanaan lomba, dan selanjutnya mengajukan pertanyaan:
·         Bagaimana perasaan kalian sebagai pemenang?
·         Bagaimana perasaan kalian sebagai kelompok yang kalah?
·         Mengapa bisa menang, mengapa kalah?
·         Unsur apa yang mempengaruhi  kemenangan dan kekalahan?
·         Peserta didik melakukan pelemasan dan pelepasan
·         Peserta didik bersama guru, melakukan refleksi.
§  Ajukan kepada peserta didik pertanyaan:
·         Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
·         Dari yang kalian pelajari, materi manakah yang kalian anggap paling mudah dikuasai, dan sebaliknya materi manakah yang dirasakan paling sulit?
·         Memberikan kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan solusi terhadap gerakan yang dirasakan sulit untuk dikuasai.
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan konsep rangkaian gerakan jalan cepat.
·         Peserta didik bersama-sama guru berdoa
·         Peserta didik berbagi tugas untuk mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.


Pertemuan 2
1.       Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)
·         Ketua kelas menyiapkan peserta didik dalam barisan tiga bersap  (semua peserta didik dapat melihat guru)
·         Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik yang ditunjuk agar dalam pembelajaran diberikan keselamatan dan kebermanfaatan.
·         Mengecek kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu.
·         Memotivasi peserta didik dengan menjelaskan manfaat aktivitas jalan untuk kebugaran jasmani, untuk membangun sikap keberanian.
·         Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Mengecek kemampuan awal peserta didik dalam materi jalan cepat dengan cara menanyakannya kepada peserta didik.
·         Melakukan pemanasan dipimpin salah seorang peserta didik dalam bentuk bermain aksi reaksi, penguluran, pelemasan, penguatan diutamakan untuk otot-otot yang akan banyak digunakan untuk melakukan jalan cepat: otot perut, otot punggung, otot lengan, persendian (sambil menjelaskan fungsi dari setiap gerakan), dalam bimbingan guru

2.       KegiatanInti (85 menit)
Mengamati
a)    Peserta didik dikelompokkan  ke dalam  6  kelompok kecil yang terdiri dari   4-6 orang (putra/putri).
b)   Tiap-tiap kelompok peserta didik mengidentifikasi gerakan jalancepat yang diamati dari modeling/ peragaan (dituangkan dalam lembar observasi) dalam waktu 10 menit:

Hal yang diamati
Diskripsi
Fase tumpuan

Fase tarikan

Fase relaksasi

Fase dorongan


Menanya
Dengan panduan guru peserta didik merumuskan pertanyaan  dari hal-hal yang ditemukan  atau ingin dan perlu diketahui agar dapat melakukan teknik jalan cepatdengan benar

Mencoba/mengumpulkan data (informasi)
Guru menugaskan peserta didik untuk melakukan latihan jalan cepan dengan track menikung.
Aktivitas gerak jalan  pada tikungan adalah sebagai berikut ::
a.    Badan dan kepala diusahakan tetap vertikal, lengan bengkok pada siku dengan sudut ±90º.
b.    Kaki belakang setelah melakukan dorongan dengan sempurna, bergerak maju ke depan, bengkok dan ujung jari kaki dekat dengan tanah. 
c.    Kaki depan ditarik ke belakang dan diluruskan sampai mencapai penarikan dan dorongan. 
d.    Kaki-kaki bergerak pada satu garis dalam arah jalan cepat dan titik pusat gravitasi menempuh jalur yang sama. Amati dan rasakan koordinasi gerakan kaki, dan temukan pola yang sesuai buat dirimu. Dilakukan perorangan/ kelompok
e.    Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru. Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing.
f.      Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian aktivitas gerak jalan cepat.
g.    Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru.
h.    Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok.
i.      Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.

Lembar pengamatan jalan cepat
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Fase tumpuan




2.
Fase tarikan




3.
Fase relaksasi




4.
Fase dorongan






Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….
        Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Skor
Kategori
Diskripsi
1
1
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
2
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
3
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
4
Benar
Melihat hasil pengamatan

Mengasosiasi
·      Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik jalan cepat sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:
Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.

Lembar pengamatan jalan cepat
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Teknik start




2.
Teknik tumpuan




3.
Teknik ayunan lengan




4.
Teknik ayunan pinggang





Kesimpulan
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….

Rencana lanjut
:
………………………………………………………………………….


………………………………………………………………………….


Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Skor
Kategori
Diskripsi
1
1
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
2
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
3
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
4
Benar
Melihat hasil pengamatan

·      Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
·      Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba berlomba jalan cepat dengan peraturan yang dimodifikasi.

Mengkomunikasikan
Berlomba
Peserta didik berlomba jalan cepat dengan peraturan yang dimodifikasidan diarahan guru dengan percaya diri dan disiplin
Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan selamat atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.

3.       Penutup (20 menit)
·      Guru:bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
·      Peserta didik dibariskan untuk melakukan pendinginan kemudian berdo’a lalu dibubarkan (kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib), bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula

I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1      Jenis/teknikpenilaian
a.    Penilaian kompetensi sikap spiritual dan sosial dengan tehnik observasi dalam bentuk jurnal
Instrumen Penilaian Lampiran 1

b.    Penilaian kompetensi pengetahuan dengan:
Teknik Penilaian
:
Tes tulis
Bentuk Instrumen
:
Tes uraian
Kisi-kisi
:
1.  Menjelaskan pengertian jalan cepat
2.  Menjelaskan teknik dasar jalan cepat
3.  Menjelaskan prinsip dasar jalan cepat
Instrumen Penilaian Lampiran 2

c.    Penilaian Keterampilan gerak spesifik dengan
Teknik Penilaian
:
Tes praktik
Bentuk Instrumen
:
rating scale(dengan lembar pengamatan)
Kisi-kisi
:
1.  Mempraktikkan teknik dasar jalan cepat
2.  Mempraktikkan prinsip dasar jalan cepat
3.  Mempraktikkan lomba jalan cepat 1000 m
Instrumen Penilaian Lampiran 3

2      Penilaian remedial
Dengan pemanfaatan tutor sebaya melalui belejar kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi jalan cepat.
3      Penilaian pengayaan
Mencari artikel dari majalah atau internet tentang jalan cepat.

Kedungwuni,      Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran PJOK





........................                                                                Tri Julianto, S.Pd.
       NIP. 






Lampiran 1

 

Pengertian Jalan Cepat & Teknik

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus/ lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.
Teknik Start
Berikut akan di jabarkan sedikit tentang teknik start:
                 a.  Berdiri beberapa meter dibelakang garis start
                b.  Setelah mendengar aba-aba “bersedia” dari petugas starter, maka segera maju dengan menempatkan salah-satu kaki di belakang garis start dengan lutut sedikit ditekuk, sedangkan kaki yang lain berada lurus di belakang dan santai (tidak kaku)

                 c.  Badan agak condong ke depan, berat badan bertumpu pada kaki yang di depan. Kedua lengan tergantung lemas atau dengan sikut agak dibongkokkan, berada dekat badan, serta pandangan lurus kearah depan.
                d.  Pada saat mendengar aba-aba “ya” atau bunyi pistol dari starter, segera langkahkan kaki yang dibelakang kedepan bersamaan dengan lengan diayun kebelakang dan lengan yang lain diayun kedepan. Selanjutnya jalan lurus secepat-cepatnya sampai melewati garis finis.

Teknik Jalan Cepat 
Pada saat berjalan salah satu kakinya harus selalu kontak dengan tanah. Jika melanggar, maka petugas akan memperingatkan. Jika kesalahan tersebut dilakukan lagi maka pejalan akan didiskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba.
Yang harus diperhatikan dalam jalan cepat adalah sebagai berikut:
a.     Pada saat melangkahkan kaki, kaki tumpu harus selalu kontak dengan tanah dan lutut harus dalam keadaan lurus, sebelum kaki yang dilangkahkan mendarat ditanah.
b.    Bersamaan dengan mengangkat paha (misalnya tungkai kiri) kedepan, tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan kedepan, dengan diikuti badan condong kedepan.
c.     Pada saat kaki kiri mendarat (kontak dengan tanah), segera paha tungkai kanan diangkat kedepan, bersamaan dengan tungkai bawah kaki kanan dan tangan kiri diayunkan kedepan, diikuti dengan badan condong kedepan, pandangan tetap lurus kedepan.
d.    Kaki mendarat mulai dari tumit kemudian berangsur-angsur menuju keujung kaki, lutut dalam keadaan lurus.
e.     Gerakan lengan dan bahu jangan terlalu tinggi mengangkatkannya.
f.     Selama berjalan usahakan agar pinggul tetap rendah dan berada di bawah, keadaan ini harus diusahaakan tetap terpelihara, hindari gerakan kesamping yang berlebihan.

Melewati Garis Finish
Tidak ada teknik untuk melewati garis finish, karena biasanya pejalan cepat jalan terus ketika melewati garis finish.

Peraturan Jalan Cepat
Adapun pokok-pokok peraturan jalan cepat adalah sebagai berikut: 
1. Pada waktu melangkah salah satu kaki harus selalu tetap kontak dengan tanah.
2. Diskualifikasi (larangan untuk berlomba/melanjutkan perlombaan), disebabkan oleh:
Ø  Gagal atau tidak memenuhi definisi jalan cepat pada waktu perlombaan.
Ø  Melakukan pelanggaran pada saat perlombaan berlangsung
Ø  Pada lomba jalan cepat yang dilaksanakan di track (lintasan) peserta yang terkena diskualifikasi harus meninggalkan lintasan. Jika perlombaan jalan cepat dilaksanakan di jalan raya peserta yang kena diskualifikasi harus mencopot no dadanya dan segera keluar meninggalkan perlombaan.

Lampiran 2
Jurnal Penilaian Sikap

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 1 Karangdadap
Mata Pelajaran
:
PJOK
Kelas/ Semester
:
VII/ 1
Tahun Pelajaran
:
2017/ 2018

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Kejadian
Butir Sikap
(disiplin & percaya)
Keterangan
1





2





dst.







No
Butir sikap sosial
Indikator
1
Percaya diri
1.    Melakukan dengan sungguh-sungguh
2.    Berani menyampaikan pendapat
2
Disiplin
1.    Hadir tepat waktu
2.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
3.    Mengikuti semua proses pembelajaran

Lampiran 3

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Teknik Penilaian
:
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
:
Tes uraian 
Kisi-kisi
:
1.  Menjelaskan pengertian jalan cepat
2.  Menjelaskan teknik dasar jalan cepat
3.  Menjelaskan prinsip dasar jalan cepat
Butir  soal  Pengetahuan
No
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1.       
Jelaskan pengertian jalan cepat!  (factual)

2.       
Sebutkan teknik dasar jalan cepat! (konseptual)

3.       
Jelaskan cara melakukan teknik jalan cepat! (procedural)

4.       
Sebutkan prinsip dasar jalan cepat! (konseptual)

Jumlah  

Jumlah  Skor maksimal  :  40


Skor perolehan
Nilai :-----------------------------------  X 100
             Skor maksimal
Kunci Jawaban dan pensekoran:
No
Jawaban
Skore

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah
1.    Nilai 10 jika jawaban benar
2.    Nilai 6 jika nyaris benar
3.    Nilai 2 jika jawaban salah
4.    Nilai 0 jika tidak dijawab
2
Teknik dasar jalan cepat:
1.      Start
2.      Dasar jalan cepat
3.      finish
1.    Nilai 10 jika semua jawaban benar
2.    Nilai 7 jika 2 jawaban benar
3.    Nilai 4 jika 1 jawaban benar
4.    Nilai 1 jka semua jawaban salah
5.    Nilai 0 jika tidak dijawab
3
Cara melakukan jalan cepat:
1.      Pada saat melangkahkan kaki tumpu harus selalu kontak dengan tanah dan lutut haruslurus, sebelum kaki yang dilangkahkan mendarat ditanah.
2.      Bersamaan angkat paha (misalnya tungkai kiri) kedepan, tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan kedepan, dengan diikuti badan condong kedepan.
3.      Pada saat kaki kiri mendarat (kontak dengan tanah), segera paha tungkai kanan diangkat kedepan, bersamaan dengan tungkai bawah kaki kanan dan tangan kiri diayunkan kedepan, diikuti dengan badan condong kedepan, pandangan tetap lurus kedepan.
4.      Kaki mendarat mulai dari tumit kemudian berangsur-angsur menuju keujung kaki, lutut dalam keadaan lurus.
5.      Gerakanlengan dan bahu jangan terlalu tinggi mengangkatkannya.
6.      Selama berjalan usahakan agar pinggul tetap rendah dan berada di bawah, keadaan ini harus diusahaakan tetap terpelihara, hindari gerakan kesamping yang berlebihan.
1.    Nilai 10 jika semua jawaban benar
2.    Nilai 9 jika 5 jawaban benar
3.    Nilai 8 jika 4 jawaban benar
4.    Nilai 7 jika 3 jawaban benar
5.    Nilai 6 jika 2 jawaban benar
6.    Nilai 5 jika 1 jawaban benar
7.    Nilai 4 jka semua jawaban salah
8.    Nilai 0 jika tidak dijawab
4
Prinsip jalan cepat:
·         Langkah
·         Kecondongan badan
1.    Nilai 10 jika semua jawaban benar
2.    Nilai 6 jika 1 jawaban benar
3.    Nilai 2 jika semua jawaban salah
4.    Nilai 0 jika tidak dijawab
Jumlah score maksimal
30

Lampiran 4

Teknik Penilaian
:
Tes Praktik
Bentuk Instrumen
:
Dengan lembar 0bsevasi
Kisi-kisi
:
1.  Mempraktikkan teknik dasar jalan cepat
2.  Mempraktikkan lomba jalan cepat


Butir soal keterampilan :
1.      Mempraktikkan teknik dasar jalan cepat
2.      Mempraktikkan lomba jalan cepat 200 m


Lembar Pengamatan
No
Aspek yang dinilai
Kualitas Gerakan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Teknik start










2
Teknik jalan










3
Teknik gerakan lengan










4
Melakukan lomba jalan  200 meter






















Jumlah  

Jumlah  Skor maksimal  :  40

Skor perolehan
Nilai :-----------------------------------  X 100
                  Skor maksimal

 Rubrik dan pensekoran:
a.    Teknik start
No
Rubrik
Skore
1
Teknik Start
1.   Berdiri beberapa meter dibelakang garis start
2.   Setelah mendengar aba-aba “bersedia” dari petugas starter, maka segera maju dengan menempatkan salah-satu kaki di belakang garis start dengan lutut sedikit ditekuk, sedangkan kaki yang lain berada lurus di belakang dan santai (tidak kaku)
3.   Badan agak condong ke depan, berat badan bertumpu pada kaki yang di depan.
4.   Kedua lengan tergantung lemas atau dengan sikut agak dibongkokkan, berada dekat badan, serta pandangan lurus kearah depan.
5.   Pada saat mendengar aba-aba “ya” atau bunyi pistol dari starter, segera langkahkan kaki yang dibelakang kedepan bersamaan dengan lengan diayun kebelakang dan lengan yang lain diayun kedepan.
6.   Selanjutnya jalan lurus secepat-cepatnya sampai melewati garis finis.
1.     Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.     Nilai 9 jika memenuhi 5 kriteria
3.     Nilai 8 jika memenuhi 4 kriteria
4.     Nilai 7 jika memenuhi 3 kriteria
5.     Nilai 6 jika memenuhi 2 kriteria
6.     Nilai 5 jika memenuhi 1 kriteria
7.     Nilai 4 jika tidak memenuhi  semua kriteria namun melakukan tes praktik
8.     Nilai o jika tidak mengikuti tes praktik


b.    Teknik jalan
No
Rubrik
Skore
1
Teknik jalan dalah sebagai berikut:
1.    Pada saat melangkahkan kaki, kaki tumpu harus selalu kontak dengan tanah dan lutut harus dalam keadaan lurus, sebelum kaki yang dilangkahkan mendarat ditanah.
2.    Bersamaan dengan mengangkat paha (misalnya tungkai kiri) kedepan, tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan kedepan, dengan diikuti badan condong kedepan.
3.    Pada saat kaki kiri mendarat (kontak dengan tanah), segera paha tungkai kanan diangkat kedepan, bersamaan dengan tungkai bawah kaki kanan dan tangan kiri diayunkan kedepan, diikuti dengan badan condong kedepan, pandangan tetap lurus kedepan.
4.    Kaki mendarat mulai dari tumit kemudian berangsur-angsur menuju keujung kaki, lutut dalam keadaan lurus.
5.    Gerakan lengan dan bahu jangan terlalu tinggi mengangkatkannya.
6.    Selama berjalan usahakan agar pinggul tetap rendah dan berada di bawah, keadaan ini harus diusahaakan tetap terpelihara, hindari gerakan kesamping yang berlebihan.
1.     Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.     Nilai 9 jika memenuhi 5 kriteria
3.     Nilai 8 jika memenuhi 4 kriteria
4.     Nilai 7 jika memenuhi 3 kriteria
5.     Nilai 6 jika memenuhi 2 kriteria
6.     Nilai 5 jika memenuhi 1 kriteria
7.     Nilai 4 jika tidak memenuhi  semua kriteria namun melakukan tes praktik
8.     Nilai o jika tidak mengikuti tes praktik

c.    Teknik gerakan lengan
No
Rubrik
Skore
1
·      Badan sedikit condong ke Depan
·      Ayunan Lengan seirama dengan langkah kaki
·      Siku dilipat lebih kurang 90 derajat
·      Ayunan lengan arahnya lebih masuk ke arah
1.    Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.    Nilai 8 jika memenuhi 3 kriteria gerakan
3.    Nilai 6 jika memenuhi 2 kriteria gerakan
4.    Nilai 4 jika memenuhi 1 kriteria
5.    Nilai 2 jika tidak memenuhi  semua kriteria namun melakukan tes praktik
6.    Nilai o jika tidak mengikuti tes praktik


d.    Melakukan lomba jalan  200 meter
No
Rubrik
Skore
1
1.    Jika waktu ditempuh kurang dari 26 detik
2.    Jika waktu ditembpuh lebih dari 25 detik
10
5



No comments:

Post a Comment