RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII / 1 (satu )
Materi Pokok : Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan
(9
JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
3.1.
Memahami gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan
atau tradisional
|
3.1.1 Menyebutkan
macam-macam pasing
3.1.2
Menjelaskan
konsep gerak dasar passing bawah dalam permainan bola voli
3.1.3
Menjelaskan
konsep
gerak dasar passing atas dalam permainan bola voli
3.1.4
Menjelaskan
cara melakukan gerak spesifik pasing bawah
3.1.5
Menjelaskan
cara melakukan gerak spesifik pasing atas
|
|
4.1 Mempraktikkan gerak
spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1.Melakukan gerak spesifik
passing bawah dalam permainan bola voli
4.1.2.Melakukan gerak spesifik
passing atas
dalam permainan
bola voli (sikap awal, pelaksanaan, sikap akhir).
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaiaan
kegiatan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif peserta didik dapat:
1.
menjelaskan
konsep gerak dasar pasing bawah permainan bola voli dengan benar.
2.
menjelaskan
konsep gerak dasar pasing atas permainan bola voli dengan benar
3.
melakukan gerak dasar pasing bawah permainan bola voli
dengan koordinasi yang baik dan benar
4.
melakukan gerak dasar pasing atas permainan bola voli
dengan koordinasi yang baik dan benar.
Fokus Penguatan Karakter :
-
Selalu bersyukur
- Tanggung Jawab
-
Disiplin
D.
Materi Pembelajaran
:
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Passing
bawah bola voli
Latihan
teknik dasar passing bawah
Teknik
passing bawah digunakan untuk mengoper bola dan menerima bola maupun mengambil
bola yang datangnya rendah dengan cara :
-
kedua tangan
lurus dan dirapatkan dengan mengaitkan pada telapak tangan (bugger)
-
perkenaan
bola pada lengan bawah antara siku dan pergelangan,
-
ayunan
lengan dari bawah ke atas dan saat perkenaan bola disesuaikan dengan arah bola
yang diinginkan
-
kaki agak
direntangkan, berat badan dipusatkan pada ujung muka telapak kaki, lutut agak
dibengkokkan untuk menambah tenaga dorong
-
posisi badan
tidak membungkuk.
Latihan 1
Siswa A dan
B berdiri berhadapan jaraknya 5 s.d 6 meter. A sikap passing B melempar bola, B
melempar bola usahakan melambung tinggi, A melakukan passing bawah dengan cara
mengambil bola setelah bola memantul di lantai diarahkan ke B. Lakukan
bergantian!.
Latihan 2
Siswa A dan
B berdiri berhadapan yang jaraknya 4 s.d 5 meter. Sikap passing yaitu kaki
dibuka dan ditekuk, A dan B saling passing bawah bola, dimana bola di passing
setelah bola memantul di lantai, arah bola selalu melambung.
Latihan 3
Siswa A dan
B berdiri berhadapan yang jaraknya mulai 4 s.d 5 meter. A dan B sikap passing
yaitu kaki dibuka dan ditekuk, pada saat akan memukul bola (passing) kedua
tangan lurus disatukan berkaitan di telapak tangan dan setelah passing kaitan
tangan dilepas posisi rileks , A dan B saling melakukan passing bawah, lakukan beberapa menit !
b.
Passing
atas bola
voli.
Passing dalam
permainan bolavoli adalah usaha atau upaya seorang pemain bolavoli dengan cara
menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola
yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan
sendiri.
Teknik dasar (pasing atas) dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Elemen
dasar bagi pelaksanaan passing atas
yang baik adalah: a) Gerakan mengambil bola. b) Mengatur posisi. c) Melempar
bola dan d) Melakukan pasing atas kearah
sasaran.
1)
Persiapan (Sikapawal)
(a) bergerak
kearah bola dan atur posisi tubuh
(b)membuka jemari tangan
(c) kaki
dalam posisi meregang dengan santai, bahu terbuka lebar
(d)tekuk
lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
(e) siku
terkunci
(f) lengan
keatas
sejajar dengan paha
(g) pinggang
lurus
(h)pandangan
kearah bola
1. Pelaksanaan
(Perkenaan
bola)
(a)
menerima bola di atas
dahi
(b)
sedikit meluruskan tangan
(c)
berat badan dialihkan kedepan
(d)
dorongan
bola keatas
(e)
pinggul bergerak ke depan
(f)
perhatikan bola saat menyentuh jemaritangan
2. Gerakan
Lanjutan (Sikapakhir)
(a)
jari tangan tetap terbuka
(b)
lenganmenjulur ke depan atas dengan rileks
(c)
landasan mengikuti bola kesasaran.
(d)
pindahkan berat badan arah ke sasaran
(e)
perhatikan bola bergerak ke sasaran
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Pada
dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang
disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan. Misalnya bola
dimodifikasi, lapangan yang diperkecil ukurannya.
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan
dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan
peraturan serta strategi permainan bola voli .
E. Metode Pembelajaran
Kooperatif Learning
F. Media dan Bahan
Pembelajaran
- Lapangan,
- Bola voli,
- Net/
jaring,
- Pluit,
- laptop.
- Lembar
Kerja Siswa
- Model
G. Sumber Belajar
- Muhajir,
2016. PJOK (Buku Siswa). Jakarta : Kemendikbud (hal 24 – 39)
- Muhajir,
2016. PJOK (Buku Guru). Jakarta : Kemendikbud (hal 43 – 57)
H.Langkah-LangkahPembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberi salam kepada siswa
2.
Guru
memimpin do,a
3.
Guru
menanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
4.
Guru
menyampaikan Indikator Kompetensi yang harus dikuasai.
Fase
1 : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
5.
Guru
menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang permainan bola
voli
6. Memberikan motivasi siswa
7.
Guru
menyampaikan tehnik penilaian untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik
kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi
pengetahuan dan kompetensi ketrampilan
8. Menyiapkan kondisi fisik dan
mental siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
Fase 2 :
Menyajikan Informasi :
·
Membaca
informasi tentang gerak spesifik permainan
bola voli passing atas, dan
pass bawah
·
Mencari
informasi tentang gerak spesifik permainan bola voli passing atasdan
pass bawah dari
berbagai sumber media cetak atau elektronik
·
Mengamati
permainan bola voli secara langsung dan atau di TV/ Video dan membuat catatan
tentang gerak spesifik permainan bola voli
passing atas
dan pass bawah serta membuat catatan
hasil pengamatan.
Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok- kelompok belajar
·
Setelah
peserta didik mengamati tentang bola voli, guru memfasilitasi peserta didik
untuk menggali lebih dalam tentang materi bola voli khususnya passing atas.dan
pass bawah
·
Siswa
membentuk kelompok menjadi 4-5 anak
·
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan passing
bawah dan pass atas sesuai dengan hasil pengamatan.
·
Peserta
didik melakukan pasing
bawah sendirian
·
Melakukan
pasing bawah dengan
diawali dengan bola lempar teman dan setelah itu bola dipasing dengan dua tangan
jadi satu
·
Melakukan
pasing bawah secara berpasangan
dan berkelompok.
·
Peserta didik
melakukan pasing atas sendirian
·
Melakukan
pasing atas dengan
diawali bola dilempar oleh teman dan bola didorong ke atas dengan
kedua jari tangan.
·
Melakukan
pasing atas secara berpasangan
dan berkelompok
Fase 4 :
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
· Peserta didik
secara berkelompok menemukan kesalahan yang terjadi gerakan passing atasdan pasing bawah secara individu dan ditulis serta dipresentasikan
· Peserta didik
secara berkelompok menemukan kesalahan yang terjadi gerakan passing atasdan pasing bawah secara berpasangan
· Peserta didik
secara berkelompok memperbaiki kesalahan yang terjadi gerakan passing atas dan pasing bawah
· Peserta didik
dalam kelompoknya menemukan konsep gerakan passing atas dan pasing bawah
· Pesetrta didik
secara kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
· Guru
memberikan umpan balik
· Guru
mengonfirmasi hasil diskusi seluruh kelompok dan membimbing siswa untuk
membuat rangkuman
|
90 menit
|
Penutup
|
Fase
5 : Evaluasi
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes
lisan/tertulis dan praktik tentang materi passing bawah dan passing atas
·
Melakukan refleksi oleh guru
dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing atas,
passing bawah
Fase
6 : Memberikan penghargaan
·
Guru memberikan penghargaan
kelompok dengan hasil terbaik
·
Guru memberi tugas untuk pertemuan
berikutnya
·
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan do’a dan salam
|
20Menit
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Jenis/teknik
penilaian
a.
Sikap Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat
lampiran
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
b.
Sikap
Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat
lampiran
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
c.
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan atau tugas tertulis berbentuk uraian
|
Sebutkan
maca-macam servise dalam permainan bola voli
|
Setelah
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
d.
Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(keterampilan)
|
Lakukan
pasing bawah dalam permainan bola voli
|
Pada akhir pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
2. Pembelajaran remedial
Dengan
pemanfaatan tutor sebaya melalui belajar kelompok untuk menjawab
pertanyaan
yang diberikan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan permainan bola voli
3. Pembelajaran pengayaan
Mencari artikel dari buku, majalah atau
internet tentang permainan bola voli.
Kedungwuni, Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PJOK
....................... Tri
Julianto, S.Pd.
No comments:
Post a Comment