RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII / 1 (satu )
Materi Pokok : Permainan Bola kecil melalui tenis meja
Alokasi Waktu : 2
Pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A. Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
|
3.2.1.
Menjelaskan memegang bet tenis meja dengan benar
3.2.2.
Menjelaskan teknik stance tenis meja dengan benar
3.2.3.
Menjelaskan teknik pukulan /stroke
3.2.4.
Menjelaskan teknik footwork
|
2.
|
4.2 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional
|
4.2.1. Mempraktikkan
teknik memegang bet/grip
4.2.2. Mempraktikkan teknik stance
4.2.3. Mempraktikkan teknik pukulan/stroke
4.2.4. Mempraktikkan gerakan footwork
|
B. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran Discovery, siswa diharapkan dengan
benar
dapat:
1. Menjelaskan memegang bet tenis meja
dengan benar
2. Menjelaskan teknik stance tenis meja
dengan benar
3. Menjelaskan teknik pukulan /stroke
4. Menjelaskan teknik footwork
5.Mempraktikkan teknik memegang bet/grip
6. Mempraktikkan teknik stance
7. Mempraktikkan teknik pukulan/stroke
8. Mempraktikkan gerakan footwork
Fokus
penguatan karakter :
-
Kedisiplinan
-
Tanggungawab
C. Materi
Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
a.Teknik memegang
bet/grip
b.Teknik gerakan stance
2.
Pertemuan
2
a.
Teknik
pukulan/stroke
b.
Teknik
footwork
1.
Materi Reguler
·
Konsep teknik memegang bet/grip:
§ Konsep memegang bet
seperti berjabat tangan
§ Konsep memegang bet
seperti memegang pena
·
Konsep teknik stance:
§ Konsep teknik siap
sedia:posisi kaki,badan dan tangan pada saat siap menunggu bola
§ Konsep teknik siap sedia
posisi kaki badan dan tangan padasaat memukul bola
·
Konsep teknik
pukulan/stroke
§ Konsep teknik pukulan
drive
§ Konsepteknik pukulan
servis
·
Konsep
teknik footwork
Konsep gerak kaki bisa ke depan dan
kebelakang
Konsepgerak kaki bias kesamping kanan dan
kiri
2. Materi
Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah
materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami
dan dilakukan. Misalnya asal bola masuk pada saat servis
3. Materi
Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi
pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dengan menambah
materi pukulan antara lain:spin, chop, smash
D.
Metode
Pembelajaran
Saintifik
E. Media dan Bahan Pelajaran
1. Bet
2. Meja Lapangan
3. Bola tenis meja
F.
Sumber
Belajar:
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Penjasorkes Kelas VII.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 94 - 108).
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
A.
Pendahuluan (15 menit)
·
Berbaris
Peserta didik dibariskan
2 - 4 bersaf, peserta didik yang tinggi di sebelah kanan
·
Presensi
Mengecek kehadiran peserta
didik dan
menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
·
Berdoa
Peserta
didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
·
Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi
peserta didik
dengan cara:
·
Mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui
seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari
sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
Menjelaskan tujuan pembelajaran
dan cakupan materi yang akan dipelajari
·
Pemanasan
Menugaskan peserta
didik untuk
melakukan penguluran (Stretching)
yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan
masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan
lebih banyak difokuskan pada pemanasan di pinggul dan kaki dengan menggunakan
game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2
kelompok untuk melakukan permainan betengan karena permainan betengan banyak
menggunakan aktivitas kaki.
|
b.
Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
Ø Mengamati penjelasan
konsepdan contoh
teknik dasar memegang
bet/grip, teknik stance, teknik stroke, teknik footwork dengan cara:
·
Peserta didik dibariskan dua bersaf, baris belakang
bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka
dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
·
Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat
ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.
Menanya
Ø Mempertanyakan teknik
dasar memegang bet/grip,teknik
stance, teknik stroke, teknik footwork
Pada akhir episode
penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk
menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2)
prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
Mengeksplorasi
Ø Mempraktikkan
atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Arena dibagi menjadi 4.
Masing-masing wilayah digunakan oleh 8 peserta didik. Di tiap-tiap wilayah
disediakan 2 bola dan 1 meja Di masing-masing kelompok peserta didik
melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk memegang bet, stance, stroke dan footwork
Cara yang digunakan
adalah tiap kelompok diminta melakukan 4 macam teknik di atas. Setelah
diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, mereka diminta untuk mencari 1
bentuk cara memegang bet, stance,stroke, footwork dengan cara yang lain. Cara
inipun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan
seterusnya hingga mereka mampu mengeplorasi sebanyak-banyaknya cara memegang
bet,stance,stroke,footwork. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa macam
cara memegang bet,stance,stroke dan
footwork dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke
kelompok lain.
Berikut adalah contoh
bentuk memegang bet, stance, stroke,
dan footwork yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a) Peserta
didik memegang betseperti berjabat tangan
dan seperti memegang pena.
b) Peserta
didik melakukan stance teknik
siap sedia:posisi kaki,badan dan tangan pada saat siap menunggu bola/pada
saat memukul boladengan cara berpasangan.
c) Peserta
didik melakukan stroke adalah
pukulan antara lain,drive,service
d) Peserta
didik melakukan footwork
adalah teknik gerakan kaki arah pergerakanya
bias kedepan,kebelakang, ke samping
kiri, ke samping kanan
Mengasosiasi
Ø Menganalisa
hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru.Peserta
didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi
guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian memegang bet.
Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh
masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara
dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi
dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan
sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format
berikut.
Lembar
pengamatan teknik memegang bet
Kesimpulan:
......................................................................................................
.....................................................................................................
Rencana lanjut:
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Lembar
pengamatan teknik stance
Kesimpulan:
..........................................................................................................
..........................................................................................................
Rencana lanjut:
.....................................................................................................
.....................................................................................................
Keterangan
lembar pengamatan: skor 1 gerakan
salah, skor 2 gerakan benar
Petunjuk pengisian
kesimpulan:
Mengkomunikasikan
Ø Paparan
kelompok tentang hasil temuan dan penilaian cara memegang bet dan stance
a)
Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran
pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan
kelompok lain.
b)
Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan
tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)
Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap
kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)
Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan
umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.
|
c.
Penutup
(20 menit)
1. Penenangan
(cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh
peserta didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh
proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses
pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi
dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran memegang bet dan gerakan
stance yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik permainan tenis meja kemudian guru
memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Tindak lanjut dan penjelaskan
materi minggu depan
Guru memberikan
tugas lari zig zag dengan jarak 7m sebanyak
10 kali untuk persiapan pembelajaran minggu depan yaitu
stroke dan footwork
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin
berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali
ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan
tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat
semula.
|
3.
Pertemuan
2
a.
Pendahuluan (15 menit)
1.
Berbaris
Peserta didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik
yang tinggi disebelah kanan
2.
Presensi
Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kesehatan
peserta didik secara umum
3.
Berdoa
Peserta
didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi
peserta didik
dengan cara:
a)
Mengajukan
pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui
seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari
sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
b)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5.
Pemanasan
a) Menugaskan peserta
didik untuk
melakukan penguluran (Stretching)
yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan
masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan
mengulang materi teknik
memegang bet, teknik stance , teknik stroke, teknik footwork cara:
b) Peserta
didik melakukan teknik pukulan/ stroke, stance, footwork diarea yang sudah
ditentukan. (berkelompok).
|
b.
Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
· Mengamati penjelasan
konsepdan contoh
teknik dasar pukulan
/ strokedan
footwork dengan
cara:
a) Peserta didik berbaris kembali
dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b) Peserta didik mendengarkan penjelasan dan kontoh
dari guru. Contoh
bisa dari model yang dipersiapkan guru.
Menanya
·
Pada
akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan
bertanya mengenai teknik dasar pukulan/stroke
yang benar
supaya hasilnya dapat maksimal.
Mengeksplorasi
·
Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep
dan contoh, peserta didik dibagi
menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 1 meja dan 2 bola.
Kegiatan yang mereka lakukan adalah melakukan teknik pukulan/stroke dengan
berbagai jenis pukulan. Caranya
masing- masing kelompok
melakukan kegiatan:
a) Teknik pukulan/stroke cara berpasangan satu meja
berisikan 4 orang dengan 2 bola
b) Melakukan kombinasi
teknik dasar pukulan/stroke dan footwork ke arah teman,
kemudian latihan bermain tenis mejadengan mempraktekan semua
jenis pukulan/stroke.
Mengasosiasi
·
Membagi
4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar pukulan/strokedan
footwork sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih
luas
dengan cara:
Peserta
didik melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri, dengan cara menuangkan dalam lembar
pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.
Lembar pengamatan teknik
pukulan/stroke
Kesimpulan: ..........................................................................................................
.........................................................................................................
Rencana lanjut: .....................................................................................................
.....................................................................................................
Keterangan
lembar pengamatan: skor 1 gerakan
salah, skor 2 gerakan
benar
Petunjuk pengisian kesimpulan:
Peserta
didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan
alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target
waktunya.
Peserta
didik yang telah berhasil mencapai
target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan
untuk mencoba permainan tenis meja dengan
peraturan yang dimodifikasi.
Mengkomunikasikan
·
Bermain
Peserta didik bermain tenis meja dengan peraturan yang
dimodifikasi, menggunakan teknik dasar memegang bet,pukulan, stance, footwork
dengan arahan guru.
Peserta
didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan
apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan
selamat atau yg lainnya), sedangkan
yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.
|
c.
Penutup
(20 menit)
1.
Penenangan (cooling
down)
Setelah selesai kegiatan
inti, peserta didik dikumpulkan,
melakukan stretching yang dipimpin
oleh peserta didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian
terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi
dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik
melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan
tujuan yang ditetapkan.
5.Tindak lanjut dan penjelaskan
materi minggu depan
Gurumemberikan tugas yang terkait
dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi
penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada
pertemuan minggu depan.
6.Berdoa
Guru
menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan
kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali
ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik
kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta
didik yang bertugas
mengembalikan peralatan ke tempat semula.
|
H. Penilaian
1.
Jenis /teknik
penilaian
a.Sikap (Spiritual
dan Sosial)
Sikap spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Butir Instumen
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar jurnal
|
Lihat lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
|
Sikap
sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Butir Instumen
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar jurnal
|
Lihat lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
|
b. Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Butir Instumen
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk uraian
|
1. tuliskan 4 teknik dasar permainan tenis meja?
2. berikan penjelasan teknik footwork dalam permainan tenis meja?
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
|
c. Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Butir Instumen
|
Waktu pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Unjuk kerja/praktik
|
Penugasan
|
1.Praktikkan
teknik memegang bet/grip dengan
benar !
2.
Praktikkan teknik stance dengan
benar!
3.
Praktikkan teknik pukulan/stroke dengan
benar!
4.
Praktikkan gerakan footwork dengan
benar!
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
|
2.
Pembelajaran Remidial
Belajar kelompok dengan tutor sebaya untuk menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru berkaitan dengan tenis meja.
3.
Pembelajaran
pengayaan
Mencari artikel yang berkaitan dengan materi tenis meja.
Kedungwuni, Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PJOK
......................... Tri
Julianto, S.Pd.
NIP.
LAMPIRAN
4
( LEMBAR PENGAMATAN KOMPETENSI
KETERAMPILAN)
Teknik Penilaian
|
:
|
Tes Praktik
|
Bentuk Instrumen
|
:
|
rating
scale(dengan lembar pengamatan)
|
Kisi-kisi
|
:
|
1. Melakukan teknik pukulan/stroke
2. Melakukan gerakan stance dan footwork
|
Lembar pengamatan
1
pukulan
No
|
Rubrik
|
Skor
|
1
|
1. Berdiri
tangan kiri memegang bola,tangan kanan
pegang bet
2. Letakkan
bola di samping/ depan badan
3. Pukul bola ke arah teman dengan tepat
|
1. Nilai 4
jika memenuhi semua kriteria
2. Nilai 3
jika memenuhi 2 kriteria
3. Nilai 2
jika memenuhi 1 kriteria
4. Nilai 1
jika tidak memenuhi semua criteria
|
2
Teknik
stance
No
|
Rubrik
|
Skore
|
1
|
1. Berdiri
posisi badan menghadap penuh ke meja untuk menerima servis
2. Side
stance posisi badan menyamping,baik ke samping kiri maupun kesamping kanan
3. Pada
waktu memukul bola koordinasi pukulan,
dengan kaki.
|
1.
Nilai 4 jika memenuhi semua kriteria
2.
Nilai 3 jika memenuhi 2 kriteria
3.
Nilai 2 jika memenuhi 1 kriteria
4.
Nilai 1 jika tidak memenuhi semua criteria
|
N = Jumlah Skor : x 100
Skor
Max
No comments:
Post a Comment