Wednesday, May 30, 2018

RPP TENIS MEJA K 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                               : SMP Negeri 3 Kedungwuni
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan          
Kelas/Semester                                   : VII / 1 (satu )
Materi Pokok                                      : Permainan Bola kecil melalui tenis meja
Alokasi Waktu                                    : 2 Pertemuan (6 JP)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,   gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

A.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.2  Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
3.2.1. Menjelaskan memegang bet tenis meja dengan benar
3.2.2. Menjelaskan teknik stance tenis meja dengan benar
3.2.3. Menjelaskan teknik pukulan /stroke
3.2.4. Menjelaskan teknik footwork
2.
4.2  Mempraktikkan  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
  4.2.1.  Mempraktikkan teknik memegang bet/grip
4.2.2. Mempraktikkan teknik stance
4.2.3Mempraktikkan teknik pukulan/stroke
4.2.4. Mempraktikkan gerakan footwork

B.       Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran Discovery, siswa diharapkan dengan 
        benar dapat:
        1. Menjelaskan memegang bet tenis meja dengan benar
        2. Menjelaskan teknik stance tenis meja dengan benar
        3. Menjelaskan teknik pukulan /stroke
        4. Menjelaskan teknik footwork
5.Mempraktikkan teknik memegang bet/grip
       6. Mempraktikkan teknik stance
       7. Mempraktikkan teknik pukulan/stroke
       8. Mempraktikkan gerakan footwork

       Fokus penguatan karakter :
-          Kedisiplinan
-          Tanggungawab
C.       Materi Pembelajaran 
1.         Pertemuan 1
a.Teknik memegang bet/grip
b.Teknik gerakan stance

2.         Pertemuan 2
a.       Teknik pukulan/stroke
b.      Teknik footwork

1.      Materi Reguler
·         Konsep teknik memegang bet/grip: 
§  Konsep memegang bet seperti berjabat tangan
§  Konsep memegang bet seperti memegang pena
·         Konsep teknik stance:
§  Konsep teknik siap sedia:posisi kaki,badan dan tangan pada saat siap menunggu bola
§  Konsep teknik siap sedia posisi kaki badan dan tangan padasaat memukul bola
·         Konsep teknik pukulan/stroke
§  Konsep teknik pukulan drive
§  Konsepteknik pukulan servis
·         Konsep teknik footwork
    Konsep gerak kaki bisa ke depan dan kebelakang
    Konsepgerak kaki bias kesamping kanan dan kiri
2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan. Misalnya asal bola masuk pada saat servis
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dengan menambah materi pukulan antara lain:spin, chop, smash

D.            Metode Pembelajaran
  Saintifik
E.        Media dan Bahan Pelajaran

    1. Bet
    2. Meja Lapangan
    3. Bola tenis meja

F.        Sumber Belajar:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016.  Buku Guru Penjasorkes Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 94 - 108).

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
A.      Pendahuluan  (15 menit)
·         Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2 - 4 bersaf, peserta didik yang tinggi di sebelah kanan
·         Presensi
Mengecek kehadiran peserta didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
·         Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
·         Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
·         Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
·         Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di pinggul dan kaki dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan betengan karena permainan betengan banyak menggunakan aktivitas kaki.
                          b.       Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
Ø Mengamati penjelasan konsepdan contoh teknik dasar memegang bet/grip, teknik stance, teknik stroke, teknik footwork dengan cara:
·        Peserta didik dibariskan dua bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
·        Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.
Menanya
Ø Mempertanyakan teknik dasar memegang bet/grip,teknik stance, teknik stroke, teknik footwork
Pada akhir episode penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.
Mengeksplorasi
Ø Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Arena dibagi menjadi 4. Masing-masing wilayah digunakan oleh 8 peserta didik. Di tiap-tiap wilayah disediakan 2 bola dan 1 meja Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk memegang bet, stance, stroke dan footwork
Cara yang digunakan adalah tiap kelompok diminta melakukan 4 macam teknik di atas. Setelah diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, mereka diminta untuk mencari 1 bentuk cara memegang bet, stance,stroke, footwork dengan cara yang lain. Cara inipun diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan seterusnya hingga mereka mampu mengeplorasi sebanyak-banyaknya cara memegang bet,stance,stroke,footwork. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa macam cara memegang bet,stance,stroke dan footwork dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke kelompok lain.

Berikut adalah contoh bentuk memegang bet, stance, stroke, dan footwork yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)      Peserta didik memegang betseperti berjabat tangan dan seperti memegang pena.
b)      Peserta didik melakukan stance teknik siap sedia:posisi kaki,badan dan tangan pada saat siap menunggu bola/pada saat memukul boladengan cara berpasangan.
c)      Peserta didik melakukan stroke adalah pukulan antara lain,drive,service
d)      Peserta didik melakukan footwork
 adalah teknik gerakan kaki arah pergerakanya bias kedepan,kebelakang, ke     samping kiri, ke samping kanan
Mengasosiasi
Ø Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru.Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian memegang bet. Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.
Lembar pengamatan teknik memegang bet
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Pegangan bet




3.
Perkenaan dengan bola




4.
Sikap kaki





 Kesimpulan:        ......................................................................................................
                                      .....................................................................................................


          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................          

Lembar pengamatan teknik stance

No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Pandangan ke arah bola




3.
Gerakan tangan




4.
Gerakan ikutan




         Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                 ..........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Mengkomunikasikan
Ø Paparan kelompok tentang hasil temuan dan penilaian cara memegang bet dan stance
a)         Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan kelompok lain.
b)        Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)         Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)        Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.

                          c.       Penutup (20 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran memegang bet  dan gerakan stance yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai teknik permainan tenis meja kemudian guru memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas lari zig zag dengan jarak 7m sebanyak  10 kali untuk persiapan pembelajaran minggu depan yaitu stroke dan footwork
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.


3.         Pertemuan 2
                          a.       Pendahuluan  (15 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yang tinggi disebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum

3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a)      Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b)      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
a)      Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan mengulang materi teknik memegang bet, teknik stance , teknik stroke, teknik footwork cara:
b)      Peserta didik melakukan teknik pukulan/ stroke, stance, footwork diarea yang sudah ditentukan. (berkelompok).

                          b.       Kegiatan inti (85 menit)
Mengamati
·       Mengamati penjelasan konsepdan contoh teknik dasar pukulan / strokedan footwork dengan cara:
a)      Peserta  didik berbaris kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b)      Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan kontoh dari guru. Contoh bisa dari model yang dipersiapkan guru.
Menanya
·      Pada akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai  teknik dasar pukulan/stroke yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Mengeksplorasi
·      Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberi 1 meja dan 2 bola. Kegiatan yang mereka lakukan adalah melakukan teknik pukulan/stroke dengan berbagai jenis pukulan. Caranya
masing- masing kelompok melakukan kegiatan:
a)      Teknik pukulan/stroke cara berpasangan satu meja berisikan 4 orang dengan 2 bola
b)      Melakukan kombinasi teknik dasar pukulan/stroke dan footwork ke arah teman, kemudian latihan bermain tenis mejadengan mempraktekan semua jenis pukulan/stroke.
Mengasosiasi
·      Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar pukulan/strokedan footwork sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:

Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.
Lembar pengamatan teknik pukulan/stroke
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Badan condong ke depan




3.
Bola selalu di depan badan




4.
Melakukan berbagai jenis pukulan secara bergantian




          Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                  .........................................................................................................


          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................          
Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan

Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi.
Mengkomunikasikan
·      Bermain
Peserta didik bermain tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik dasar memegang bet,pukulan, stance, footwork dengan arahan guru.
Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “BAGUS” (bisa juga berupa ucapan selamat atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.
                          c.       Penutup (20 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secaratransparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Gurumemberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta
didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

H.      Penilaian

1.    Jenis /teknik  penilaian
a.Sikap  (Spiritual dan Sosial)
    Sikap spiritual
No
Teknik
Bentuk instrumen
Butir Instumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar jurnal
Lihat lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran


Sikap sosial
No
Teknik
Bentuk instrumen
Butir Instumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar jurnal
Lihat lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran

b.      Pengetahuan

No
Teknik
Bentuk instrumen
Butir Instumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk uraian
1. tuliskan 4 teknik dasar permainan tenis meja?
2. berikan penjelasan teknik footwork dalam permainan tenis meja?

Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran


c.       Keterampilan
No
Teknik
Bentuk instrumen
Butir Instumen
Waktu pelaksanaan
Keterangan
1
Unjuk kerja/praktik
Penugasan
1.Praktikkan teknik memegang bet/grip dengan benar !
2. Praktikkan teknik stance dengan benar!
3. Praktikkan teknik pukulan/stroke dengan benar!
4. Praktikkan gerakan footwork dengan benar!


Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran

2.             Pembelajaran Remidial
              Belajar kelompok dengan tutor sebaya untuk menjawab pertanyaan yang 
              diberikan oleh guru berkaitan dengan tenis meja.
3.              Pembelajaran pengayaan
               Mencari artikel yang berkaitan dengan materi tenis meja.


Kedungwuni,      Juli 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran PJOK





.........................                                                                 Tri Julianto, S.Pd.
       NIP. 



LAMPIRAN 4
( LEMBAR PENGAMATAN KOMPETENSI KETERAMPILAN)

           
Teknik Penilaian
:
Tes Praktik
Bentuk Instrumen
:
rating scale(dengan lembar pengamatan)
Kisi-kisi
:
1. Melakukan  teknik pukulan/stroke
2. Melakukan  gerakan stance dan footwork

Lembar pengamatan
1        pukulan
No
Rubrik
Skor
1
1.  Berdiri tangan kiri memegang bola,tangan  kanan pegang bet
2.  Letakkan bola di samping/ depan badan
3.  Pukul bola ke arah teman dengan tepat

1.     Nilai 4 jika memenuhi semua kriteria
2.     Nilai 3 jika memenuhi 2 kriteria
3.     Nilai 2 jika memenuhi 1 kriteria
4.     Nilai 1 jika tidak memenuhi  semua criteria

2        Teknik stance
No
Rubrik
Skore
1
1.  Berdiri posisi badan menghadap penuh ke meja untuk menerima servis
2.  Side stance posisi badan menyamping,baik ke samping kiri maupun kesamping kanan
3.    Pada waktu memukul bola  koordinasi pukulan, dengan kaki.

1.      Nilai 4 jika memenuhi semua kriteria
2.      Nilai 3 jika memenuhi 2 kriteria
3.      Nilai 2 jika memenuhi 1 kriteria
4.      Nilai 1 jika tidak memenuhi  semua criteria


N =  Jumlah  Skor     :                 x   100
Skor Max 

No comments:

Post a Comment